Sabtu, 26 Oktober 2013

Manipulasi Wajah Dengan Efek Typograph

By Sajak Petang   Posted at  10.50   Photoshop No comments


Manipulasi Wajah Dengan Efek Typograph


Setelah di Tutorial sebelumnya kita belajar Seni karikatur , kali ini kita belajar manipulasi foto dengan efek Typography Photoshop bersama ilmuGrafis
Peluncuran Tutorial ini (ceile "peluncuran" kayak Roket aje meluncur, wkwkwk) bertepatan dengan 1 Ramadhan. tak lupa seluruh Staff dan Teamz ilmuGrafis mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya semoga lancar dan diberikan kekuatan. Amin

Untuk mengisi waktu tidak ada salahnya kita belajar Photoshop, Berikut langkah - Langkah Manipulasi Wajah dengan Efek Typography :

1. Pilih file yang akan diedit
Pilih file dengan contrast yang bagus. Buka pada photoshop. File-Open.
image ilmugrafis


2. Ketik tulisan yang akan dijadikan mask pada wajah
Tulisan yang digunakan usahakan dengan ukuran yang agak kecil dan padat menutup semua bagian wajah.
image ilmugrafis


3. Seleksi contrast wajah
Pada tahap ini kita sembunyikan dulu layer tulisannya dengan menghilangkan tanda mata di samping layer.
Kemudian lakukan seleksi pada wajah, dengan Select- Color Range. Kemudian OK.
image ilmugrafis
Setelah mendapatkan hasil seleksi, tekan Ctrl+J untuk membuat layer untuk hasil seleksi.
Tekan Ctrl+Shift+U, untuk membuat gmbar menjadi hitam putih/ Desturate.
image ilmugrafis
Lalu tekan Ctrl+L, atur setting Level seperti gmbar untuk mendapatkan gelap terang yg lebih jelas.
image ilmugrafis


4. Masking pada Wajah
Sebelumnya sembunyikan layer background/ gmbar asli dengan menghilangkan tanda mata di samping layer.
Tampilkan kembali layer tulisan, atur posisi pas dengan wajah.
image ilmugrafis
Kemudian seleksi gambar wajah. Tekan dan tahan Ctrl dan klik pada kotak layer wajah.
image ilmugrafis
Setelah terseleksi, kita lakukan masking pada tulisan. Aktifkan layer tulisan, tekan dan tahan tombol Alt dan klik pada tombol thumbnail Add Layer Mask.
image ilmugrafis
Setelah mendapatkan hasil masking seperti ini (pada Gambar), Lakukan invert, tekan Ctrl+I dan sembunyikan layer wajah (Layer 1).
image ilmugrafis
Dan hasilnya:
image ilmugrafis


5. Finishing
Pada sisi luar wajah terdapat hasil seleksi yg belum rapi, kita hapus dengan eraser tool, atau pada layer mask juga bisa.
Klik kanan pada layer tulisan, pilih Blending Option- Gradient Overlay.
image ilmugrafis
dan hasilnya:
jika hasilnya terlalu terang, bikin layer baru dengan warna gelap, Blending Mode= Overlay
image ilmugrafis

Hasilnya:
image ilmugrafis

Aplikasikan ke apapun yang kamu suka! :D
effect typography
Created by:
Endritaze® 2010 @ ilmuGrafis

Terima kasih, Semoga bermanfaat

Arbia Ghaisan Dias

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Arbia Ghaisan Dias. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.